Jakarta, CNN Indonesia

Para pemudik mulai memadati Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (6/4) atau H-5 Lebaran 2024.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 12.00, area tunggu sudah disesaki para pemudik. Semua kursi sudah diisi penuh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Area tunggu ini kian terlihat penuh dengan barang bawaan para pemudik. Tak sedikit dari mereka yang membawa koper besar, jinjingan, hingga barang yang dikemas dalam kardus.

Selagi menunggu bus yang akan memberangkatkan ke tempat tujuan, para pemudik tampak mengobrol satu sama lain. Tak sedikit juga yang memilih menyibukkan diri dengan gadget.

Suasana pun kian ramai dengan hadirnya para pedagang yang menjajakan barang. Barang dagangan ini mulai dari jam tangan, minuman ringan, hingga aksesoris handphone.

Di area terminal, tampak sejumlah bus antar kota antar provinsi (AKAP) sudah berjejer rapi. Para penumpang pun memasuki bus sesuai dengan tujuan mereka.

Adapun sejumlah tujuan itu seperti ke Merak, Banten, Garut Jawa Barat, hingga Balaraja, Tangerang.

Berdasarkan data petugas, sejak pukul 07.00 hingga 12.00 siang ini, sudah ada 61 bus AKAP yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan. Total penumpang dari bus itu mencapai 1.004 orang

Sementara, untuk bus transJabodetabek ada 5 armada yang sudah diberangkatkan. Total penumpang yang diangkut mencapai 43 orang.

Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan Abdullah mengatakan kepadatan penumpang memang terasa pada hari ini. Ini menyebut jumlahnya pun meningkat dibanding hari-hari sebelumnya.

“Ini sudah kenaikan. Dibanding kemarin hari ini naik,” ujar Abdullah kepada CNNIndonesia.com.

Ia pun memprediksi kepadatan penumpang bakal terjadi pada hari ini dan Minggu (7/4) besok. Abdullah mengatakan Terminal Kampung Rambutan selalu dipadati penumpang karena memiliki banyak tujuan.

“Jurusannya banyak ada yang ke Jawa Barat, Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Timur. Jadi dari pagi sampai malam Insya Allah selalu ada kenaikan pemudik,” ucapnya.

Puncak arus mudik Lebaran 2024 disebutkan akan mulai terjadi pada Jumat (5/4). Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) peningkatan arus lalu lintas akan terjadi hingga Senin (8/4) mendatang.

Kemenhub memperkirakan jumlah pemudik pada periode Hari Raya Idulfitri tahun 2024 ini mencapai 193,6 juta orang. Perkiraan itu naik dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sebanyak 123,8 juta orang.

(mrh/bac)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *