Jakarta, CNN Indonesia

Kenaikan jumlah pemudik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur diprediksi akan melonjak pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4).

Hal itu disampaikan Aiptu Doddy Irawan (48), salah satu polisi yang bertugas di Pos Pelayanan Terpadu Lebaran 2024.

Doddy juga menambahkan kenaikan jumlah pemudik terjadi pada orang-orang yang hendak pulang ke daerah Sumatra.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kalau sekarang belum, diperkirakan hari Sabtu atau Minggu [lonjakan jumlah penumpang], karena pegawai kan mulai libur di hari Jumat. Cuma yang penumpang yang agak meningkat ini yang arah Sumatra, Jawa belum,” jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/4).

Banyak warga Ibu kota yang memilih bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sebagai transportasi mudik mereka tahun ini.

Selain karena harganya yang relatif terjangkau, aksesnya yang mudah dan banyaknya titik pemberhentian menjadi alasan para pemudik menggunakan jasa angkutan darat yang satu ini.

Hal itulah yang menjadi pertimbangan Ainun (32), seorang pemudik dari Bekasi yang hendak pulang ke PulauĀ Madura, Jawa Timur.

Ia yang mudik bersama suami dan anak-anaknya memang sengaja pulang kampung sebelum hari lebaran karena menunggu kedua anaknya libur sekolah.

“Eh nunggu anak libur sekolah, entar balik nunggu kalau anak udah masuk sekolah lagi.” jelasnya ketika ditemui CNNIndonesia.com.

Pemudik lainnya, Jihan (23) juga memilih hari ini untuk mudik ke kampung halamannya di Cirebon, Jawa Barat, karena baru mendapat libur di hari ini. Ia bersama ibu dan adiknya memang tiap tahun selalu menggunakan moda transportasi bus di Terminal Pulo Gebang ini.

Walaupun untuk ke Cirebon ada transportasi lain seperti kereta api atauĀ angkutan travel, Ia dan keluarga tetap memilih untuk naik bus umum.

“Karena emang hari ini libur kuliah, enggak apa-apa sih [naik bus] kalau AC,” tuturnya.

(rst/kid)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *