Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umun Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi didorong untuk bertarung dalam gelaran Pilkada serentak 2024.

Meski gagal membawa partainya lolos ke DPR di Pileg 2024, nama Kaesang masih jadi rebutan di sejumlah kota yang menggelar Pilkada.

Dari sejumlah wacana yang muncul, adik dari Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka itu didorong untuk maju sebagai calon dalam pilkada di tingkat kabupaten/kota. Sejauh ini dia diwacanakan untuk didorong maju di Kota Depok, Kota Solo, dan yang terbaru adalah di Kota Bekasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kaesang dan Bekasi

Awal pekan ini, organisasi yang mengatasnamakan diri Relawan Nasional Pro Prabowo-Gibran (Pa-Gi) telah mengambil formulir penjaringan Calon Wali Kota Bekasi di Pilkada 2024 untuk Kaesang. Bukan ke PSIatau partai koalisi Prabowo-Gibran di Pilpres2024, kelompok relawan itu justru mengambil formulir untuk Kaesang di Kantor DPC PKB Kota Bekasi, Senin (6/5).

“Ya, baru mengambil [formulir pendaftaran bakal cawalkot] saja,” kata Sekretaris DPC PKB Kota Bekasi Alit Jamaludin saat dikonfrimasi, Selasa (7/5).

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Pro Prabowo-Gibran (Pro Pa-Gi) Ricard Efendi Siregar menjelaskan alasan mendaftarkan Kaesang untuk maju di Pilkada Bekasi.

Dia menyebut masyarakat Kota Bekasi membutuhkan pemimpin muda yang visioner memajukan daerah. Saat ini relawan sudah mendaftarkan Kaesang ke PKB agar diberikan tiket untuk maju.

“Dasar pertimbangan masyarakat kota Bekasi mencalonkan Kaesang jadi Wali Kota Bekasi adalah Bekasi membutuhkan pemimpin muda yang visioner, antikorupsi dan mengedepankan kebinekaan,” kata Ricard kepada CNNIndonesia.com, Selasa lalu.




Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (kanan) saat melakukan pertemuan di kawasan Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/1/2024). Presiden Joko Widodo meyakini PSI bisa mendapatkan kursi di DPR RI pada Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak AKetua Umum PSI Kaesang Pangarep bercengkerama bersama ayahnya yang juga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Braga, Bandung, Sabtu (3/1/2024). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sementara itu, Wakil Dewan PSI, Grace Natalie menyebut pencalonan Kaesang sebagai Wali Kota Bekasi merupakan aspirasi warga. Menurut dia, pencalonan Kaesang murni gerakan masyarakat dan bukan keinginan PSI.

“Ini murni aspirasi warga, kelompok masyarakat bukan keinginan PSI dan Mas Kaesang,” kata Grace melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, kemarin.

Kaesang dan Depok

Sebelum ini, Kaesang juga sempat diisukan maju di Pilkada Kota Depok. Sekelompok anak muda lewat organisasi Ganjar Pranowo (GP) Center Depok itu mendorong Kaesang maju jadi wali kota di daerah dengan dominasi pemilih PKS itu.

Tak lama, foto Kaesang dalam ukuran besar pun terpampang di jalan Margonda Raya, satu-satunya ruas jalan tersibuk di daerah itu. Namun, isu tersebut belakangan redup.

Belakangan, setelah didorong Relawan Prabowo-Gibran di Bekasi, Wakil Ketua DPD PSI Depok Icuk Pramana Putra masih berharap dan terus berupaya agar Kaesang bisa maju di kotanya pada Pilkada 2024.

“Kami masih berharap Mas Kaesang maju di Pilkada Depok, segala upaya sedang kami lakukan,” kata Icuk lewat pesan singkat ke CNNIndonesia.com, kemarin.

Icuk berpendapat Kaesang memiliki kemampuan membawa Depok ke arah yang lebih baik ke depannya. Ia menyebut hal itu juga tak lepas dari aspirasi masyarakat Depok yang menginginkan perubahan di kota satelit Jakarta itu.

“Namun tentunya kami memberikan kebebasan Mas Kaesang untuk memilih,” ucap dia.




Baliho besar Kaesang Pangarep di kawasan Margonda Depok. (Arsip PSI)Foto Kaesang dalam reklame PSI yang terpasang di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, beberapa waktu lalu. (Arsip foto PSI)

Kaesang dan Solo

Usai redup di Depok, nama Kaesang belakangan juga sempat santer diisukan maju di daerah asalnya yakni Solo, Jawa Tengah.

Ketua DPW PSI Jawa Tengah Antonius Yogo Prabowo bahkan menyebut Gerindra dan Golkar siap memberikan tiket kepada Kaesang untuk melanjutkan kerja Wali Kota Solo saat ini, Gibran Rakabuming Raka.

Kaesang didorong untuk menggantikan kakaknya yang telah menjadi Wakil Presiden terpilih RI dari Pilpres 2024.

“Kalau Mas Kaesang mau turun ke Pilkada Solo kami semakin pede, peluangnya semakin besar, Gerindra dan Golkar juga sudah oke,” kata Antonius Yogo kala itu.

“Mas Gibran di Solo standar yang ditinggalkan sudah tinggi. PR penerusnya harus bisa menyamai standar Mas Gibran syukur bisa lebih. Dapat dilihat dari PAD, ekonomi, semua tren positif,” imbuhnya beberapa waktu lalu.

Dari sejumlah isu tersebut, belum ada respons berarti dari PSI untuk mendorong Kaesang maju. Namun, saat diisukan maju di Depok dia sempat menyatakan telah mendapat restu keluarga. Ia mengaku mantap memilih Depok.

“Sendiri kan. Solo. Cuma buat saya, ah Solo udah pasti menang saya,” ucap Kaesang dikutip dari akun YouTube pribadinya, Juni 2023.




Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep saat geand opening Goola dan Mangkok Ku di Kota Kasablanka, Jakarta, Senin (21/10).Momen Kaesang bersama kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang kini Wapres terpilih di Jakarta beberapa tahun lalu. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Erina Istri Kaesang dan Sleman

Selain Kaesang, istrinya pun yakni Erina Sofia Gudono pun sempat digadang-gadang ikut Pilkada 2024. Erina sempat digadang-gadang bakal didorong ikut Pilbup Sleman pada gelaran Pilkada 2024 ini.

Namun, Kaesang beberapa waktu lalu menegaskan istrinya tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah tersebut. Menurut Kaesang, sejak awal memang tidak ada rencana Erina ikut berkontestasi dalam pemilihan bupati tersebut.”Enggak (maju Bupati Sleman). Bukan enggak jadi, memang enggak,” kata Kaesang di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Senin (15/4) malam.

Kaesang meminta awak media agar isu Erina maju dalam Pilbup Sleman tak lagi ditanyakan kepadanya. Ia meminta hal tersebut ditanyakan kepada pihak yang menggaungkan.

Sebelumnya, wacana Erina maju Pilkada Sleman 2024 diembuskan Partai Gerindra Sleman.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *