Jakarta, CNN Indonesia

Mantan calon presiden Ganjar Pranowo menegaskan tidak akan bergabung ke dalam pemerintahan Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu disampaikan Ganjar di hadapan mantan cawapresnya, Mahfud MD dan anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) dalam acara halal bihalal di Jalan Teuku Umar Nomor 9, Menteng, Jakarta, Senin (6/5) malam.

“Saya declare pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini,” kata Ganjar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ganjar mengatakan akan tetap melakukan pengawasan terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, pengawasan itu dilakukan dengan cara-cara yang benar.

“Sehingga moralitas politiknya ada, cara berpolitik yang benar musti naik kelas, dan semua sama-sama terhormat, tidak perlu saling mencibir,” ujarnya.

Menurutnya, pengawasan terhadap pemerintah yang tepat yakni dilakukan melalui parlemen.

“Karena mencibir kita yang paling benar adalah di jalur yang pas, apa itu? Jalur parlemen. Itulah cara yang paling bagus. Kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang pas untuk melakukan suatu kontrol,” ucap Ganjar.

Pada 25 April lalu , Ganjar sempat mengungkap peluang PDIP bakal memilih untuk berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prediksi itu Ganjar sampaikan berkaca pada pernyataan-pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun, PDIP hingga kini masih belum memutuskan dan mengumumkan langkah mereka selanjutnya.

“Saya kira kalau lihat statement-statement-nya Bu Mega, rasanya iya. Di luar pemerintahan, kan kita tidak kenal (istilah) oposisi,” kata Ganjar saat ditemui di kediamannya, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY.

Sementara Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri, Ahmad Basarah menyebut sikap partainya akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP pada Mei mendatang.

Menurutnya, keputusan tersebut menjadi hak prerogatif Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

(lna/isn)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *