Surabaya, CNN Indonesia

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyinggung pembangunan Indonesia 10 tahun terakhir, yang menurutnya tidak berorientasi pada pemberdayaan.

Hal itu disampaikan Cak Imin di acara pembekalan bakal calon kepala daerah (bacakada) yang akan diusung PKB di Pilkada Jawa Timur 2024, di Hotel Vasa Surabaya, Sabtu (4/5).

“Akhir-akhir ini ada kritik orientasi pembangunan pemberdayaan menurun 10 tahun terakhir, lebih fokus pada infrastruktur sehingga pemberdayaannya berkurang,” kata Cak Imin saat pidato.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu, kata Cak Imin, membuat tidak tumbuhnya jumlah enterpreneur-enterpreneur tangguh serta tokoh nonpemerintah yang unggul dalam 15 tahun terakhir ini.

“Malah ada isu sejak reformasi 1998 sampai hari ini hampir dipastikan terjadi pengurangan jumlah pelaku usaha terutama tertutupnya peluang bagi akses-akses yang sebetulnya bisa dibuka oleh pemerintah maupun negara,” ucapnya.

Mantan calon wakil presiden ini menyebut, hal itulah yang menjadi kekhawatiran dirinya bersamaPKB. Ia pun ingin proses penjaringan bakal calon kepala daerah yang sedang dilakukan partainya ini turut memberi ruang pada upaya pencarian solusi terhadap permasalahan itu.

[Gambas:Video CNN]

“Inilah yang kemudian mengkhawatirkan kita semua, agar proses kepemimpinan yang terjadi ini betul-betul memberi ruang yang seluas-luasnya bagi lahirnya para pelaku bisnis di berbagai tempat,” ucapnya.

PKB kata Cak Imin berharap agar para bakal calon kepala daerah, baik yang diusung PKB sendiri maupun yang dicalonkan bersama partai-partai lainnya, benar-benar memikirkan hal itu.

“Karena kita ingin dari kepemimpinan daerah itulah kita ingin memperbanyak dan memperkaya model-model kepemimpinan yang diharapkan sesuai dengan tantangan zaman. Terbuka luasanya investasi, terbuka luasnya lapangan kerja, terbuka luasnya pelaku bisnis yang produktif di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, acara pembekalan bakal calon kepala daerah ini dihadiri oleh internal PKB, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta sejumlah tokoh lainnya

(frd/agt)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *