Jakarta, CNN Indonesia

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyiapkan sosok Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah dan Ketua DPD Golkar DKI Ahmed Zaki Iskandar untuk diusung sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Sementara di Pilkada Banten, PKB mengupayakan Ratu Ageng Rekawati dan mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Banten gubernur banyak, salah satu nama yang muncul ada Airin dari Golkar, Ratu dari independen. DKI ada Zaki, Ida Fauziyah, satu lagi, tiga orang,” kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (2/5).

Cak Imin mengaku belum berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto soal dua kader Golkar yang mendaftar bakal calon gubernur melalui PKB. Namun, kata dia, pasti kader tersebut sudah izin kepada Airlangga.

“Belum (komunikasi). Ini proses dari bawah. Nanti pada akhirnya, tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya,” ucap dia.

Selain itu, lanjut Cak Imin, PKB juga menyiapkan dua kadernya yakni Wakil Sekretaris Jenderal Syaiful Huda dan Ketua DPP Cucun Ahmad Syamsurijal untuk diusung sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024.

Ia menyebutkan tiga aspek utama yang menjadi penilaian untuk menentukan sosok yang diusung dalam pilkada yaitu kapasitas, kapabilitas, dan elektabilitas.

“Nanti diskusi, wawancara, kemudian presentasi. Dan potensi koalisi mengusung bersama,” ujarnya.

Menurut jadwal, pemungutan suara Pilkada 2024 akan digelar serentak pada 27 November 2024. Daerah yang mengikuti pilkada terdiri dari 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota.

(lna/tsa)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *