Jakarta, CNN Indonesia

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor menyebut emak-emak yang memaksa meminta uang sudah 15 tahun mengemis di jalanan. Wanita bernama Rosmini itu mengaku hidup menggelandang karena ada masalah dengan suaminya.

“Klien kurang lebih 15 tahun hidup di jalanan dari kota ke kota lain, dikarenakan ada masalah dengan suaminya asal Palembang,” kata Kepala Dinsos Kota Bogor Dani Rahadian, Senin (29/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dani mengatakan Rosmini mengaku punya lima orang anak dan pernah tinggal di Bandung. Dani sempat memperlihatkan fotokopi KTP yang diduga milik Rosmini.

KTP dikeluarkan pada 2010 oleh Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Setelah berumah tangga tinggal di Bandung punya anak lima. Menurut yang bersangkutan, kadang halusinasi,” kata dia.

Ia mengatakan Rosmini dibawa ke RSMM Bogor untuk dicek kondisi kejiwaannya. Dani menyebut Rosmini akan dibawa ke rumah singgah jika terbukti tidak mengalami gangguan jiwa.

“Ini sedang memprediksi, bila RSMM tidak menganggap ODGJ dan tidak bisa rawat inap, maka jadinya rawat jalan dan tinggal di Rumah Singgah untuk ditelusuri keluarganya,” ucapnya.

Rosmini diamankan Satpol PP Kota Bogor pada Minggu (28/4). Aksinya mengemis secara paksa terekam dalam video yang viral di media sosial.

Ia mendatangi rumah warga di Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan. Namun, warga setempat langsung mengusirnya.

Ketua RW setempat, Fani, mengatakan wanita itu datang ke wilayahnya dan mendatangi rumah-rumah warga untuk meminta uang. Wanita itu sempat terlibat adu mulut dengan warga karena tak terima diberi uang yang tidak sesuai.

“Sempat cekcok lah jadinya sama warga. Dia ngomongnya segala macam, marah-marah pokoknya. Ya kasar (omongannya) kaya yang viral di TikTok, begitu ngomongnya,” kata Fani.

Fani mengatakan kehadiran emak-emak itu sudah meresahkan karena meminta uang sambil marah-marah. Warga pun kesal hingga mengusirnya.

Sebelum ke Bogor, Rosmini sempat meminta-minta ke sejumlah daerah, seperti Sukabumi dan Cianjur. Dia juga sempat viral berada di Tangerang Selatan.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *