Jakarta, CNN Indonesia

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memasuki babak baru usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang.

Dua pasangan calon yang lain, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal utama yang dipermasalahkan dua paslon ini adalah indikasi keberpihakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak lain adalah ayah dari Gibran.

Jokowi memang kerap disebut mendung Prabowo-Gibran meski tak pernah terang-terangan mengatakan demikian. Pengaruh besar Jokowi sebagai Presiden juga disebut jadi faktor utama Prabowo-Gibran melaju dalam satu putaran.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terlepas dari proses yang tengah berlangsung di MK saat ini, banyak pihak menerka-nerka, bagaimana relasi Jokowi dengan Prabowo di pemerintah baru mendatang. Bagaimana peran Jokowi saat ia tak lagi menduduki kursi orang nomor 1 di negeri ini.

Untuk membahas hal ini, Political Show Podcast akan membahasnya dengan CEO Polmark Indonesia Eep Saefullah Fatah.

Pakar politik pernah dikenal dekat dengan Jokowi sejak Pilgub DKI 2012. Belakangan Eep kerap melontarkan kritik keras terhadap Jokowi, terutama soal pencalonan Gibran sebagai Cawapres yang memicu polemik luas.

Eep akan mengemukakan prediksinya soal hubungan Jokowi dan bagaimana perannya di pemerintahan baru mendatang.

Selain itu, Eep juga bicara soal kemana Jokowi akan berlabuh setelah renggang dengan PDIP, partai yang membesarkan namanya. Parpol mana saja yang berpotensi bakal jadi oposisi dan merapat ke pemerintah.

Simak Political Show Podcast hanya di situs dan Youtube CNN Indonesia pada Selasa 2 April 2024 pukul 19.00 WIB, atau di laman ini.

[Gambas:Youtube]

(sur/sur)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *